Kamis, 18 November 2010

jenis jenis dan cara kerja monitor

berbicara monitor tampakanya sudah hal yang tidak asing lagi ditelinga kita. apa yang kita pandang ketika kita mengoprasikan komputer tentu jawabanya monitor donk..... lalau kenapa monitor bisa menampilkan keluaran sesuai dengan program aplikasi yang kita jalankan ? disinilah saya akan menguraikan tentang cara kerja monitor . terlebihdahulu pahami dulu definisi monitor itu. Monitor Komputer adalah hardware yang berfungsi sebagai media output berupa informasi sehingga bisa diketahui oleh manusia. monitor akan memanmpilkan data yang diproses oleh CPU . perkembangan monitor dari waktu ke waktu semakin terus menglami perubahan ke arah perbaikan. yang dulunya monitor tabung dengan ukuran besar memerlukan tenaga listrik yang cukup besar tapi
sekarang sudah beralih ke monitor LCD yang ukuranya tipis tentunya memerlukan tempat yang tidak luas dan mampu menghemat tenaga listrik hingga 50% dibanding monitor tabung cahaya yang dikeluarkan monitor LCD tidak berbahaya bagi mata dibandingkan dengan yang tabung . dibawah ini saya uraikan jenis jenis monitor yang kita kenal selama ini.

Jenis-jenis monitor

* Monitor Catoda Ray Tube (CRT)Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja di televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris
* Monitor Liquid Crystal Display (LCDCara kerja monitor ini adalah dengan pemberian stimulasi arus listrik dari luar kepada liquid crystal (materi biphenyl), sehingga akan mengubah properti dari cahaya yang dilewatkan crystal.
* Monitor TFT LCD
Teknologi TFT LCD berupa liquid crystal yang diisikan di antara dua pelat gelas, yaitu colour filter glass dan TFT glass. Colour filter glass mempunyai filter warna yang bertugas memancarkan warna, sedangkan TFT glass mempunyai Thin Film transistor sebanyak pixel yang ditampilkan. Liquid crystal bergerak sesuai dengan perbedaan voltase antara colour filter glass dengan TFT glass. Jumlah cahaya yang dipasok oleh Back Light ditentukan oleh jumlah pergerakan liquid crystal yang pada gilirannya akan membentuk warna.

penjelasan mengenai cara kerja monitor diatas diuraikan secara singkat . itulain point dari cara kerja monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar